Jumat, 06 Mei 2016

Peran Mahasiswa



PERAN MAHASISWA PAI UMY UNTUK MEMPERBAIKI PENDIDIKAN INDONESIA


            Pendidikan sangatlah penting bagi kita semua. Pendidikan juga merupakan salah satu landasan untuk membangun peradaban bangsa Indonesia. Pengertian pendidikan menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata “didik” dengan tambahan imbuhan “pe” dan akhiran “an”, yang berarti cara, proses atau perbuatan mendidik. Pendidikan yaitu sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.
            Sedangkan pengertian Pendidikan Agama Islam menurut Ahmad Tafsir sebagaimana dikutip oleh  (Jalaluddin, 2001) kata tarbiyat mengandung arti memelihara, membesarkan dan mendidik yang di dalamnya sudah termasuk mengandung makna mengajar atau allama.
            Dewasa ini banyak sekali kasus-kasus yang terjadi pada bangsa kita. Mulai dari kasus pornografi, kekerasan, kesadisan, serta kasus kriminalitas lainnya, dan yang menjadi suatu keprihatinannya, sebagian pelaku adalah masih berusia di bawah umur. Hal ini membuktikan bahwa system pendidikan yang ada di negeri ini masih kurang layak dan harus segera dibenahi.
Oleh karena itu peran mahasiswa terutama pada prodi pendidikan agama islam sangatlah berperan penting untuk memajukan serta memperbaiki pendidikan di Indonesia. Mengapa demikian, karena hal inilah yang menjadi akar untuk bisa merubah aqidah dan akhlak anak didik yang awalnya buruk menjadi baik, ketika calon pendidik tersebut kelak sudah menjadi seorang pendidik.
Mahasiswa pada Prodi PAI UMY dituntut agar bisa menjadi seorang pendidik yang kreatif, berinovatif, suka membaca literature-literatur baik yang berkaitan dengan program studynya maupun tidak.  Kemudian mahasiswa berupaya dalam melaksanakan kebijakan-kebijakan pendidikan terutama pada program studynya yang diterapkan oleh pemerintah. Selain itu juga mahasiswa harus bisa mengimplementasikan teori-teori yang telah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak sekali mata perkuliahan yang telah diperoleh mahasiswa PAI UMY dari semester satu hingga semester empat sekarang ini, diantaranya yaitu aqidah akhlak, sejarah pendidikan Islam,kebijakan PAI, tafsir, psikologi pendidikan,fiqih, media pembelajaran PAI, metodologi PAI, dan masih banyak lagi. Di semester ini misalnya saja pada mata kuliah metodologi pembelajaran PAI, disitu mahasiswa diajarkan tentang berbagai macam metode dalam pembelajaran, sehingga peserta didik tidak akan merasa bosan jika mengikuti pelajaran nantinya.
Selain itu ada juga mata kuliah media pembelajaran yang mengajarkan mahasiswa untuk tidak gaptek akan teknologi yang kian maju. Banyak hal menyenangkan yang bisa di serap dalam mata kuliah ini. Dan tentunya kelak jika sudah menjadi seorang pendidik tidak akan kaget dengan teknologi yang semakin berkembang,serta pembelajaran pun semakin dipermudah oleh adanya teknologi.
Akan tetapi mahasiswa PAI UMY masih memiliki banyak tugas untuk berperan penting dalam memperbaiki dan memajukan pendidikan di Indonesia. Masih banyak pihak-pihak yang harus dilibatkan dalam menjalankan peran ini, serta bagi mahasiswa PAI UMY sendiri dituntut untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan inovasi mereka untuk dapat memajukan dan memperbaiki pendidikan yang ada di Indonesia pada masa mendatang.

Referensi

Jalaluddin, P. H. (2001). Teologi Pendidikan . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar